Kabel bodi merupakan komponen utama kelistrikan pada kendaraan bermotor.
Kabel menyuplai daya untuk menghidupkan perangkat elektronik yang ada
pada kendaraan seperti lampu, klakson dan sebagainya. Pada Vespa
khususnya, kabel body mempunyai kesulitan tersendiri dalam
pemasangannya. Berikut ini kami mencoba berbagi pengalaman kami dalam
memasang kabel body Vespa (Sprint/Super).
1. Lepas tangki bensin untuk mengetahui titik saluran kabel body.
Tangki dilepas untuk mengetahui letak saluran kabel body dari belakang hingga ke kepala Vespa
2. Setelah tangki bensin dilepas, lepaskan pula lampu dan speedometer
dari tempatnya. Sebaiknya komponen-komponen dijaga agar tidak hilang.
Lepaskan juga saklar untuk mengetahui kabel yang berfungsi sebagai
saluran listrik untuk lampu, klakson dan untuk mematikan mesin.
Jika memakai kabel yang baru, maka akan lebih mudah dalam pemasangannya
karena tinggal menyesuaikan warnanya saja. Lebih terasa sedikit sulit
ketika kita memakai kabel bekas yang kita rangkai agar bisa berfungsi
seperti kabel body yang baru.
Gambar diatas adalah kabel body yang putus yang akan diganti dengan kabel yang baru
4. Proses pemasangan kabel baru menggunakan cara "memancing". Yakni
siapkan kawat kopling bekas untuk menarik kabel dari bawah menuju
kepala.
Ikat kawat kopling dengan kabel bodi yang melewati bawah tangki bensin
dengan kawat kopling menggunakan perekat. Diusahakan perekat merekat
kuat agar kabel body tidak putus saat dilakukan penarikan menuju kepala
Vespa.
5. Tarik secara perlahan kabel body yang sudah diikat dengan perekat menuju kepala.
6. Setelah berhasil, lakukan penyambungan kabel ke tempat dimana
mestinya kabel tersebut disambungkan seperti pada, lampu, klakson, dan
yang untuk mematikan mesin vespa.
Berikut skema diagram jalur kabel bodi Vespa lawas
Salam nguweeeng.... nguweeengg...
sumber: http://sleepscooter.blogspot.co.id
Boz, saya mau nanya masalah kelistrikan lampu banyak vespa mods. Vespa saya super udah cdi dan pke aki GS Premium 12N 10-3B dan pke kiprok excel pasang 10 lampu depan dan 1 dinamo klakson dgn 5 terompet plus relay. Awalnya skitar sebulanan normal tp skrg2 ini kenapa akinya jd tekor ya ? Apa harus ganti kiprok jg ? Kira2 kiprok apa yg sesuai & cocok ? Tolong d bantu jawab & terima kasih.
ReplyDelete