Pertama cari dulu merek busi yang paling bagus,setelah beberapa hari busi tersebut dibilang mati jangan dulu ganti tapi dibersihkan.
Busi suka dikatakan mati dan harus diganti, jika lapisan isolator kator atau tertutupi oleh kerak sisa pembakaran.Ada bagusnya kalau anda memakai bahan bakar bensin oktan tinggi seperti pertamax pertamina,dan gunakan juga oli yang bermutu terbaik.
Untuk mengatasi bertumpuknya kerak dibusi (isolator),bisa dilakukan dengan pembersihkan secara rutin.
Pada awalnya bukalah busi pada cilinder cop terlebih dahulu,lalu bersihkan isolator dengan kawat besi dan pakai sedikit bensin agar setelah terkorek kerak dapat keluar.
Kuas dan sikat kawat cuman bisa membersihkan bagian luar saja,kalau yang
bagian dalam isolator bisa dibersihkan dengan menggunakan kawat bekas
kopling yang sudah tidak terpakai lagi.Ambil dua atau tiga helai kawat
kopling tersebut.sebelum pengorekan,isi terlebih dahulu bagian dalam
isolator dengan bensin hingga betul-betul terendam,lalu mulai
pengkorekan dengan kawat tadi lakukan berulang-ulang pastikan dalaman
isolator betul-betul bersih.
Setelah kelihatan bersih pasng kembali busi tersebut pada dudukannya semula.
Penyebab Busi Cepat Mati :
-Kesalahan pemakaian nomor tingkat panas busi,
-Campuran bahan bakar terlalu berlebihan,
-Saringan udara tersumbat atau kotor,
-Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah,
-Cup tidak dalam posisi off,
-Kelambatan pada waktu penyalaan atau menghidupkan mesin.
Penyebab Busi Cepat Mati :
-Kesalahan pemakaian nomor tingkat panas busi,
-Campuran bahan bakar terlalu berlebihan,
-Saringan udara tersumbat atau kotor,
-Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah,
-Cup tidak dalam posisi off,
-Kelambatan pada waktu penyalaan atau menghidupkan mesin.
Bagaimana? Mudah kan sebenarnya..
Salam nguweeengg... nguweeenggg...
No comments:
Post a Comment